PAHAMI FUNGSI DAN KEGUNAAN 9 BAHAN KUE UNTUK PEMULA, WAJIB TAU NIH BUNDA!

Beberapa orang mungkin belum familiar dengan istilah istilah bahan membuat kue, seperti SP, baking powder dan lain lain, nah untuk menghindari kebingungan tersebut mari kita sama sama mempelajari apa saja sih fungsi dari masing masing bahan untuk membuat kue ini

PAHAMI FUNGSI DAN KEGUNAAN 9 BAHAN KUE UNTUK PEMULA, WAJIB TAU NIH BUNDA!

1 FERMIPAN DAN FUNGSINYA

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Bahan ini digunakan untuk membuat adonan roti, donat, atau bakpau menjadi mengembang. Hanya dapat digunakan untuk adonan roti, bukan cake, atau kue kering. Dijual dengan merek dagang, salah satunya Fermipan.

2. Baking Powder (DOUBLE – AKTING )

Baking powder merupakan bahan pengembang. Baking powder berfungsi untuk mengembangkan kue atau cake.
Baking powder terdiri atas dua jenis yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.
Single-acting baking powder diaktifkan oleh cairan, jadi kamu harus segera memanggang/mengukus adonan segera setelah bahan-bahan dicampurkan jika menggunakan jenis baking powder yang ini karena begitu bertemu dengan adonan akan langsung bereaksi membentuk gelembung gas.

Double-acting baking powder bereaksi dalam dua tahap dan dapat bertahan untuk beberapa saat menunggu adonan di panggang/dikukus. Jadi jika oven/kukusan anda terbatas tempatnya sementara kamu harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka gunakan double-acting baking powder agar kue atau roti kamu tetap mengembang dengan baik meski masih banyak antrian loyang yang harus masuk ke oven.

3. Cream of Tar-Tar

Krim ini membantu mengeluarkan gas dalam adonan cake, agar lebih mengembang dan biasa digunakan untuk mengocok putih telur agar lebih
kaku.

4. Baking Powder Single – akting

Sudah ada penjelasan di NO.2

5. SODA KUE / BAKING SODA

Merupakan komponen baking powder, kandungannya adalah sodium bicarbonat. Sifat bahan ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga kue akan mengembang. Untuk membuat cake, penggunaannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Untuk kue kering, soda kue memberikan efek tekstur kering, garing, dan renyah. Untuk membuat cake sebenarya menggunakan baking powder saja sudah cukup.

6. Ovalet, TBM & SP (Emulsifier)

Ovalet, TBM, dan SP merupakan merek dagang. Pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai bahan pelembut atau emulsifier dalam membuat cake, sehingga fungsinya bisa saling menggantikan dalam adonan cake. Namun, yang membedakan bahan pengemulsi ini terletak pada kualitasnya, karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonaan jadi lebih lembut.

7. TBM

TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM adalah merek dagang, komposisi kimia bahan ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida. Biasanya ditambahkan saat pengocokan adonan telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta seperti ovalet. Merek TBM yang terkenal adalah TBM cap Koepoe-Koepoe.

8. SP

Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku.
Sifatnya melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.

9. Bread Improver

Bahan ini ditambahkan pada adonan untuk meningkatkan kualitas roti. Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Di pasaran dijual dengan salah satu merek dagang Unipan.

Via : bobobibi.com