Cara Membuat Bakso Sapi Enak dan Kenyal, Cukup Menggunakan Blender

Dalam membuat bakso memang gampang – gampang susah, apalagi yang tanpa mencampurkan bahan – bahan kimia a.k.a boraks. Namun jangan khawatir, karena resep berikut akan berhasil dibuat dengan sempurna asalkan mengikuti langkah – langkahnya secara seksama. Bunda Fitri Sasmaya memberikan resep rahasianya dalam membuat bakso sapi pakai blender yang hasilnya nikmat.

Cara Membuat Bakso Sapi Enak dan Kenyal, Cukup Menggunakan Blender


Dan berikut disertakan juga tips dalam membuat bakso ya, gunakan daging sapi yang bebas lemak. Haluskan daging sapi hingga sehalus mungkin. Gunakan air es saat daging dihaluskan, air es berfungsi untuk mengikat serat daging, membuat lemak tetap keras sehingga bakso menjadi kenyal. Baking powder berfungsi untuk menaikkan pH adonan daging.

Membentuk adonan bakso, untuk hasil yang mulus basahkan jari – jari tangan dengan air es saat membentuknya. Adonan bakso yang telah dibentuk bulat harus dimasukkan ke dalam air panas yang sebelumnya telah dimasak hingga mendidih terlebih dahulu karena bakso tidak boleh langsung direbus, tetapi dibiarkan dulu sejenak di air panas, baru kemudian bakso di rebus dengan menggunakan api yang sangat kecil, jangan sampai air hingga bergolak mendidih. Proses ini sangat penting agar bakso menjadi kenyal.

Bahan-bahan :
  • 250 gram daging sapi
  • 35 gram es batu ( sekitar 4 buah ukuran 2cmX2cm )
  • 1 buah putih telur
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdm bawang putih bubuk ( bisa pakai 2 bawang putih, d goreng, dihaluskan)

Langkah – langkah :
  1. Siapkan semua bahan, cincang daging sapi kecil – kecil.
  2. Masukkan daging cincang kedalam blender, tambahkan es batu ( es nya di haluskan juga ya).\
  3. Proses sampai halus.
  4. Tambahkan putih telur. Blender sampai rata. Tambahkan tepung tapioka, bawang putih, garam, merica dan baking powder. Proses lagi sampai tercampur rata.
  5. Siapkan baskom besar, masukkan adonan bakso, uleni, dan banting – banting adonan sampai benar–benar menyatu dan teksturnya lembut seperti pasta.
  6. Bulat – bulatkan.
  7. Didihkan air, sampai benar – benar mendidih, kecilkan api masukkan bulatan – bulatan bakso. Jika sudah mengapung langsung angkat.
  8. Lalu taruh di air es.
  9. Tiriskan. Siap di olah, bisa dijadikan bakso kuah, bakso goreng, bakso bakar dll

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jangan pernah bosan untuk selalu mencoba dan meyajikan yang terbaik untuk keluarga tercinta. Share juga resepnya ke keluarga yang lain. Sungguh Indahnya berbagi 

Sumber : http://www.modern.id/2018/01/cara-membuat-bakso-sapi-enak-dan-kenyal.html